MAG

Selasa, 03 Oktober 2017

Gastritis adalah radang selaput lambung. Ini mungkin terjadi sebagai episode pendek atau mungkin durasi yang panjang.  Mungkin tidak ada gejala tapi, bila gejala hadir, yang paling umum adalah sakit perut bagian atas.  Gejala lain yang mungkin timbul adalah mual dan muntah, kembung, kehilangan nafsu makan dan mulas.  Komplikasi dapat meliputi perdarahan, sakit maag, dan tumor perut.  Bila karena masalah autoimun, sel darah merah rendah karena kekurangan vitamin B12 bisa terjadi, suatu kondisi yang dikenal sebagai anemia pernisiosa. 

Penyebab umum meliputi infeksi Helicobacter pylori dan penggunaan NSAID.  Penyebab yang kurang umum adalah alkohol, merokok, kokain, penyakit parah, masalah autoimun, terapi radiasi dan penyakit Crohn, antara lain. Endoskopi, sejenis sinar-X yang dikenal sebagai seri gastrointestinal atas, tes darah, dan tes tinja dapat membantu diagnosis.  Gejala gastritis mungkin merupakan presentasi infark miokard. Kondisi lain dengan gejala serupa meliputi peradangan pankreas, masalah kandung empedu, dan penyakit tukak lambung. 

Pencegahannya adalah dengan menghindari hal-hal yang menyebabkan penyakit.  Pengobatan meliputi obat-obatan seperti antasida, penghambat H2, atau penghambat pompa proton.  Selama serangan akut minum lidokain kental dapat membantu.  Jika gastritis disebabkan oleh NSAID, hal ini dapat dihentikan.  Jika H. pylori hadir maka dapat diobati dengan kombinasi antibiotik seperti amoksisilin dan klaritromisin.  Bagi mereka dengan anemia pernisiosa, suplemen vitamin B12 direkomendasikan baik melalui mulut atau dengan suntikan.  Orang biasanya disarankan untuk menghindari makanan yang mengganggu mereka. 

Gastritis diyakini mempengaruhi sekitar separuh orang di seluruh dunia.  Pada tahun 2013 ada sekitar 90 juta kasus baru dari kondisi tersebut.  Seiring bertambahnya usia, penyakit ini menjadi lebih umum.  Ini, bersamaan dengan kondisi yang sama di bagian pertama usus yang dikenal sebagai duodenitis, mengakibatkan 50.000 kematian pada tahun 2015. [H. pylori pertama kali ditemukan pada tahun 1981 oleh Barry Marshall dan Robin Warren. 



sumber:

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © aimarblog - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -